Kwartir Cabang Purbalingga Dapatkan 4 Mendali Emas

PURBALINGGA – Kontingen Kwartir Cabang Purbalingga berhasil meraih prestasi di gelaran Lomba Regu Penggalang Tingkat IV Kwartir Daerah Jawa Tengah yang di laksanakan di Pusat Kegiatan Kepramukaan (Puskepram) Candrabirawa Karanggeneng Semarang pada tanggal 10-14 Juli 2017. Kwarcab Purbalingga berhasil meraih total 4 emas, 3 perak, 2 perunggu.

Masing-masing mendali didapatkan oleh kontingen putra 2 emas dari giat Kemampuan Indera Manusia (KIM) dan giat Tatalaksana. 1 perak dari giat Pentas Seni, 1 perunggu dari giat Menaksir serta kontingen putri 2 emas dari giat Pentas Seni dan Roket Air, 2 perak dari giat Langkah Pramuka dan Tata Laksana, 1 perunggu dari giat Kemampuan Indera Manusia (KIM).

Kwarcab Purbalingga diwakili oleh 8 pramuka penggalang putra dan 8 pramuka penggalang putri dari SMP Negeri 1 Rembang. Kegiatan LT IV diikuti oleh 560 Pramuka Penggalang dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah yang menjadi juara LT III di masing-masing Kwarcab. Bagi kontingen yang menjadi juara pada LT IV ini nantinya berhak mewakili Jawa Tengah pada kegiatan Lomba Tingat V.

Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Prof.Dr.Ir S. Budi Prayitno, MSc yang memimpin langsung upacara penutupan LT IV menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang didapatkan oleh para peserta. Jadikanlah prestasi yang didapatkan pada LT IV menjadi sebuah motivasi untuk bisa berkarya lebih baik bagi keluarga, agama dan negara.

“Selain itu juga Lomba tersbeut menjadi dorongan untuk menjadi anggota Pramuka yang bisa dibanggakan oleh masyarakat luas. Bagi yang belum bisa berprestasi, ini sebuah proses yang saya percaya akan menjadi bekal bagi adik-adik untuk bisa hidup sukses di masa yang akan dating,” ungkap S. Budi Prayitno.

Sedangkan pimpinan kontingen Kwarcab Purbalingga Serka Maryono menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung secara penuh sehingga bisa berprestasi di gelaran LT IV. “Pada LT IV ini Kwarcab Purbalingga mengalami peningkatan prestasi yang signifikan dibanding LT IV sebelumnya, semoga di Lomba Tingkat yang akan datang Kwarcab Purbalingga bisa lebih baik,” ujar Maryono.

Maryono juga menambahkan bahwa LT IV ini juga menjadi tolak ukur pembinaan Pramuka Penggalang di Kwarcab Purbalingga. Karena semua kegiatan yang ada di Lomba Tingkat merupakan giat prestasi dari materi Kepramukaan. “Lomba Tingkat ini juga bisa menjadi wahana pembinaan Pramuka Penggalang agar bisa menguasai Scouting Skill dan materi kepramukaan lainnya serta bisa memiliki karakter yang unggul,” pungkas Maryono.

Pada gelaran LT IV ini Kontingen Putra Kwarcab Banyumas dan Kontingen Putri Kwarcab Purworejo akan mewakili Jawa Tengah di event Lomba Tingkat V pada bulan Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur. (PI-2)

Komentar

komentar