Anggaran DD Kec. Kemangkon Sejumlah 15 Milyar Terserap 95%

PURBALINGGA- Anggaran Dana Desa (DD) Kecamatan Kemangkon yang berjumlah Rp. 15.439.653.000.,- telah terserap 95% sedangkan Alokasi dana Desa (ADD) sejumlah Rp. 7.872.976.000.,- telah terserap seluruhnya atau 100%. Selain DD dan ADD, Kecamatan Kemangkon mampu menyerap 100% alokasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sejumlah Rp. 750 juta.

Besaran serapan alokasi anggaran tersebut diungkapkan Camat Kemangkon Drs. Moh. Nurhadi MM. dalam laporannya yang disampaikan kepada Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM. saat acara ramah tamah dalam rangkaian kegiatan gebrak gotong royong dan Bupati tilik desa di Desa Kalialang Kec. kemangkon, Senin (31/12).

“Di bidang pemerintahan kami laporkan, pelaksanaan Pilkades di 12 desa dari 19 desa di Kec. Kemangkon berjalan aman, tertib dan lancar, dan kami telah mengusulkan untuk pengesahan, penetapan dan selanjutnya berkenan Plt. Bupati untuk melantiknya,” katanya.

Moh. Nurhadi juga sampaikan, Desa Kalialang sebagai salah satu lumbung padi Purbalingga saat ini sedang gencar melaksanakan gerakan percepatan tanam dan sudah mencakup 40% dari 130 hektar lahan. Karena beberapa hari tidak turun hujan, petani banyak yang belum memulai melakukan tanam, namun secara keseluruhan wilayah Kec. Kemangkon telah 50% sudah laksanakan tanam padi.

“Percepatan tanam di Kalialang tentunya atas peran Pemkab Purballingga melalui Dinas Pertanian yang telah banyak memberikan bantuan sarana prasarana pertanian, alsintan dan juga bantuan bibit tanaman,” kata Moh. Nurhadi.

Ramah tamah di halaman balaidesa Kalialang usai Plt. Bupati meninjau proses rehab rumah tidak layak huni (RTLH) di rumah keluarga bapak Kasmeja warga RT.03 RW.03 Desa Kalialang Kecamatan Kemangkon dilanjutkan bergotong royong dengan warga pengerasan jalan usaha tani sepanjang 2 kilometer menggunakan batu koral (krosok/gragal). Dari keterangan  Kepala Desa Kalialang Sarmadi, rehab RTLH dialokasikan untuk 5 orang warganya masing-masing Rp. 12 juta yang bersumber dari dana APBD, sedangkan anggaran pengerasan jalan sejumlah Rp. 5 juta.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Dyah H. Pratiwi berharap bantuan RTLH akan bermanfaat menjadikan rumah sehat mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah. Rehab RTLH dapat dijadikan media refleksi sukur atas keberkahan dan limpahan kenikmatan yang diterima dibandingkan banyak yang lainnya masih membutuhkan uluran tangan. Sedangkan jalan usaha tani tentunya dapat memperlancar usaha pertanian warga yang tentunya akan meningkatkan kesejahteraan utamanya para petani di Kalialang.

“Kedatangan kami dari Pemkab Purbalingga selain mempererat silaturahmi, tilik sedulur, tentunya untuk melihat langsung geliat pembangunan ekonomi masyarakat dan memastikan bahwa di Kemangkon khususnya desa Kalialang masyarakatnya guyub rukun. Gebrak gotong royong ini akan meningkatkan peseduluran, persaudaraan dan persatuan antar warga masyarakat bersama-sama sengkuyung dalam jalannya roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” katanya.

Rangkaian kegiatan Plt. Bupati di Kalialang diawali kunjungi rehab RTLH, gotong royong pengerasan jalan usaha tani, penanaman pohon di area lapangan desa, dilanjutkan ramah tamah dan sepakbola kapuk. Dalam kunjungannya ke desa Kalialang, Plt. Bupati Dyah. H. Pratiwi serahkan bantuan rasbangga, PMT ibu hamil, PMT balita, bantuan alsintan, bibit tanaman, serta pembagian kacamata untuk lansia serta layanan kesehatan gratis dari Puskesmas Kemangkon. (t/ humpro2018)

Komentar

komentar