Tes urin lanud

Untuk memastikan seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), khusunya di Pangkalan Udara (Lanud) Wirasaba Purbalingga bebas dari penyalagunaan narkotika, Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Purbalingga menyelenggarkan tes urine. Selain itu, tes urin juga untuk menyamakan visi pimpinanan dijajaran TNI AU agar seluruh personelnya terbebas dari penyalagunaan dan peredaran narkoba.

“Kita memastikan untuk para personel, baik prajurit maupun (Pegawai Negeri Sipil) PNS dilingkungan Lanud Wirasaba, termasuk para CPNS, bebas dari kontaminasi, zat terlarang tersebut. Untuk itu, kami bekerjasama dengan BNN Kabupaten Purbalingga melakukan tes urin, untuk seluruh prajurit tanpa kecuali,”tutur Komandan Pangkalan TNI AU Wirasaba Purbalingga Mayor Penerbang Andreas Ardianto Dhewo, S.E., M.Si. (Han)  pengambilan sampel urin di Aula Lanud Wirasaba Senin (22/9).

Menurutnya, pelaksanaan tes urin selain untuk antisipasi penggunaan narkoba di jajaranya, juga untuk memberikan contoh yang baik, bagi aparat, generasi muda, para anak sekolah. Andreas juga mengajak agar kegiatan semacam ini untuk tetap dipertahankan setiap tahunnya. Dengan kegiatan ini, pihaknya tidak hanya mengajak, tapi memberi contoh yang baik bagi masyarakat sekitar, lingkungan, serta  di tempatnya bekerja.

“Kami memastikan, agar hasil dari tes tersebut, seluruh perwira, prajurit jajaranya terbebas dari narkoba, selain itu, saya juga berharap, agar hasilnya nihil seperti tahun yang lalu. Dan sampai sejauh ini tak ada satupun anggota di jajaran Lanud yang menyalagunakan barang haram tersebut,”pintannya.

Kepala BNNK Purbalingga Edy Santosa, S Sos, M Si, mengatakan bahwa, tujuan dari kerjasama kegiatan tes urin tersebut, merupakan deteksi dini penyalagunaan narkotika, hal ini bukan untuk mencari kesalahan orang, tapi hanya deteksi , serta pencegahan penyalagunaan, dan peredaran barang terlarang.

“Dari hasi tes ini, apabila diketahui positif terbukti menggunakan obat terlarang, maka pihaknya akan memanggil yang bersangkutan, serta akan merehabilitasi. Dari tes ini nanti akan diketahui lebih lanjut, dan apabila terlanjur menggunakan, serta terdeteksi yang bersangkutan positif memakai narkoba, kita tanyakan dahulu, apa sedang mengkonsumsi obat dokter atau dari yang lain,”jelasnya.

Terkait dengan pengguna narkoba di Purbalingga, sambung Edy, sampai dengan saat ini hasilnya masih belum ditemukan, sedangkan kegiatan tes urin yang dilaksanakan oleh BNNK, untuk instansi pemerintah dan sekolah sudah sering kali dilakukan. Instansi pemerintah dan sekolah-sekolah yang kami jadikan target dari kegiatan semacam ini, tujuannya, untuk deteksi dini, sejauh mana penggunaan, serta penyalagunaan barang terlarang tersebut.

‘”Untuk tahun ini, berdasarkan tes urin oleh BNN di sekolah dan instansi pemerintah, ada beberapa orang positif menggunakan obat-obatan tertentu, tapi setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata yang bersangkutan sedang mengkonsumsi obat dari dokter, karena menderita sakit,”tandasnya.

Sedangkan pelaksanaan tes urin, dijajaran TNI AU Lanud Wirasaba dimulai dari Komandan Lanud Wirasaba, para perwira tinggi, prajurit serta seluruh karyawan yang bestatus PNS, maupun CPNS, sedangkan untuk yang berhalangan, dan tidak bias mengikuti kegiatan tersebut, akan dikutkan pada kegiatn berikutnya. (Kie_Man).