PPM Ke 1 Tahun 2019 Resmi Dibuka Plt. Bupati Dyah H. Pratiwi

PURBALINGGA- Perkemahan pramuka madrasah (PPM) ke 1 Kabupaten Purbalingga Tahun 2019 resmi dibuka Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM. dengan ditandai pemukulan gong usai upacara pembukaan, Jum’at (04/01). Kegiatan yang diagendakan akan dilaksanakan selama 4 hari dimulai tanggal 3 Januari s.d. 6 Januari 2019 di Bumi Perkemahan Munjulluhur Karangbanjar, Bojongsari Purbalingga, diikuti sejumlah 810 orang peserta, terdiri dari 720 peserta didik, 18 pimpinan kontingen dan 72 orang bina damping.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati sampaikan apresiasi kepada jajaran Kantor Kementerian Agama Kab. Purbalingga sebagai penyelenggara kegiatan dan berharap PPM ke 1 menjadi program berkelanjutan karena merupakan kegiatan yang sangat positif dan strategis untuk mempererat silaturahmi, persatuan dan persaudaraan antar anggota pramuka khusunya pramuka madrasah se Kab. Purbalingga.

“Saya menyambut baik kegiatan ini karena akan menambah pengalaman, menambah wawasan dan sebagai wahana menunjukkan prestasi, sebagai wadah bertukar informasi, serta sebagai tempat mengaplikasikan kegiatan gugus depan. Melalui kegiatan ini, diharapkan anggota pramuka khususnya para generasi muda menjadi tunas muda harapan bangsa yang unggul dan berkarakter, menjadi pelopor dan teladan dalam setiap kegiatan di masyarakat,” katanya.

Upacara pembukaan dihadiri Plt. Bupati Dyah H. Pratiwi, Ketua DPRD dan Forkopimda Purbalingga, Kepala Kantor Kemenag Kab. Purbalingga beserta jajarannya, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Purbalingga, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Purbalingga, P3M dan PPAI Kab. Purbalingga serta seluruh Kepala Madrasah se Kab. Purbalingga.

Menurut Ketua Panitia PPM ke 1 tahun 2019, Ikhwandi Arifin menyampaika bahwa kegiatan PPM ke 1 dimaksudkan sebagai wahana pertemuan pramuka madrasah golongan penggalang guna menjalin ukhuwah persaudaraan, meningkatkan SDM pramuka, menambah pengalaman, keterampilan dan wawasan tentang gerakan pramuka. PPM ke 1 yang pendanaannya ditopang sepenuhnya dari gotong royong seluruh Madrasah yang ada di Kab. Purbalingga bertujuan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang kuat, handal, tangguh dan terpercaya.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan bermasyarakat, dan juga mempererat silaturahmi antar anggota pramuka. PPM ke 1 tahun 2019 mengambil tema kreatif, terampil berkarakter,” kata Ikhwandi.

Dalam keterangannya, Ikhwandi menyebutkan berbagai kegiatan di PPM ke 1 yang terbagi dalam beberapa kegiatan yakni kegiatan keagamaan yang meliputi shalat 5 waktu, shalat berjamaah dan siraman rokhani setiap ba’da shalat Maghrib dan Isya. Selanjutnya kegiatan umum yaitu upacara pembukaan, upacara penutupan, upacara bendera dan apel, kegiatan olahraga dan api unggun.

Kemudian kegiatan peningkatan Wawasan dan Seni Budaya yaitu apresiasi seni, apresiasi film, permainan tradisional dan temu Pembina pendamping serta kegiatan petualangan yaitu penjelajahan, haling rintang, panjat dinding, turun tebing dan jemparingan dan kegiatan bhakti masyarakat yaitu kegiatan peduli pendidikan dengan membagikan school kit, kegiatan peduli tempat ibadah dengan memberikan bantuan perbaikan tempat ibadah dan kegiatan peduli masyarakat kurang mampu dengan membagikan paket sembako.

“Sedangkan untuk kegiatan prestasi akan diadakan lomba tahfidz Al Qur’an (juz 30), lomba seni (hadroh modern) dan lomba kebersihan, kerapian, keindahan (K3) pada perkemahan putra maupun putri,” terang Ikhwandi. (t/ humpro2019)

Komentar

komentar