Sumbangan Bulan Dana PMI Tahun 2018 Capai 1,1 Milyar

PURBALINGGA- Panitia Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga tahun 2018 sampai dengan tanggal 31 Desember2018 mengumpulkan sumbangan dari masyarakat sebesar Rp. 1.167.669.300,- (satu milyar seratus enam puluh tujuh juta enam ratus enam puluh sembilan ribu tiga ratus rupiah ) atau 88,69 % dari target yang direncanakan. Jumlah tersebut terdiri dari 2 kelompok pemasukan, yaitu dari kegiatan Bulan Dana PMI sejumlah Rp. 676.996.000,- dan kegiatan Bulan Pelajar Peduli Kemanusiaan sejumlah Rp. 490.703.300,-.

Bendahara Panitia Bulan Dana PMI Tahun 2018 Drs. Sukamto, M.Pd. menuturkan, penarikan sumbangan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan terhitung mulai 1 Juli – 30 September 2018, sedangkan penyetoran dari unit kerja/ sektor pelaksanaannya sampai dengan tanggal 31 Desember 2018. Pengedaran List sumbangan Bulan Pelajar Peduli kemanusiaan untuk Siswa TK, SD, SMP, SMA dan SMK melalui MKKS dan Koordinator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) yang dikoordinir oleh Dindikbud Kab. Purbalingga sedangkan untuk Siswa RA/BA, MI, MTs, MA melalui Kantor Kementerian Agama Kab Purbalingga.

“Pengumpulan sumbangan Bulan Dana PMI Tahun 2018  dilaksanakan dengan melibatkan Pimpinan Dinas / Instansi, Kepala Sekolah, Pimpinan Organisasi, Pengusaha dan perorangan yang secara sukarela membantu kerja Panitia, bagi Karyawan Anggota  KORPRI, Anggota TNI dan POLRI lewat juru bayar Dinas/Instansi masing-masing,” terang Sukamto saat menyampaikan laporannya pada serah terima hasil sumbangan Bulan Dana PMI Kab. Purbalingga tahun 2018 di operation room Graha Adiguna kompleks Pendopo Dipokusumo, Senin (15/01).

Dari jumlah sumbangan tersebut, lanjut Sukamto, dipergunakan untuk biaya operasional Panitia Bulan Dana PMI Tahun 2018 sebesar Rp. 140.123.300,- atau 12% dari jumlah pendapatan yang diperoleh yang dipergunakan untuk Pencetakan Kupon dan List, Alat tulis kantor dan administrasi laporan, Transportasi droping kupon dan list, Monitoring, Operasional Panitia, unit kerja/sektor dan petugas Pelaksana.

“Hasil bersih Bulan Dana Palang Merah Indonesia Tahun 2018  Kabupaten Purbalingga sebesar Rp. 1.027.576.000,- (satu milyar dua puluh tujuh juta lima ratus tujuh puluh enam ribu rupiah) kami serah terimakan kepada Pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Purbalingga,” kata Sukamto.

Hasil bersih sumbangan Bulan Dana PMI diserahkan oleh Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman, SH. S.IK. MH. selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI Tahun 2018 kepada Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM. yang selanjutnya diserahkan kepada Plt. Ketua Pengurus PMI Kab. Purbalingga drg. Hanung Wikantono, MPPM.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Dyah. H. Pratiwi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolres Purbalingga beserta jajarannya serta seluruh Panitia Bulan Dana PMI tahun 2018 yang selama 3 bulan bekerja keras mengumpulkan sumbangan untuk bulan dana PMI tahun 2018. Plt. Bupati juga sampaikan terima kasih kepada pimpinan OPD, Kantor/Badan/Dinas, instansi vertikal yang telah ikut membantu berkontribusi mendukung penggalangan dana.

“Semoga hasil penggalangan dana PMI tahun 2018 dapat membawa manfaat dan keberkahan bagi masyarakat Purbalingga, dan kepada Pengurus PMI Kab. Purbalingga beserta seluruh jajarannya saya berharap untuk dapat mempertanggungjawabkan dan mengelola dana tersebut dengan baik, transparan, akuntabel, efektif, efisien dan terpenting adalah tepat sasaran menyasar pada orang-orang yang betul-betul membutuhkan,” kata Plt. Bupati Dyah H. Pratiwi. (t/ humas)

Komentar

komentar