PURBALINGGA_Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengajak anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini disampaikan bupati yang akrab dipanggil Tiwi saat memberikan sambutan pada hari ulang tahun ke 63 LVRI, di pendopo Cahyana, Selasa (14/1).

Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai persoalan. Salah satunya adalah munculnya  oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang ingin memecah kesatuan dan kebinekaan Republik Indonesia. “Semakin banyak oknum-oknum di luar sana yang ingin agar bagaimana kebhinekaan bangsa kita ini terpecah belah, yang ingin sekali agar bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa ini diporakporandakan. Oleh karena itu bapak ibu, kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia harus bersikap tegas, katakan tidak bagi mereka-mereka yang berupaya mengoyak kesatuan dan persatuan bangsa, karena sesungguhnya NKRI dan Pancasila adalah harga mati yang harus terus diperjuangkan sampai titik darah penghabisan,” kata Tiwi.

Kepada keluarga besar LVRI Kabupaten Purbalingga, Tiwi berharap bekerjasama dan bantuan dari para pejuang-pejuang veteran yang masih memiliki semangat nasionalisme yang kuat, untuk mewariskan semangat nasionalisme tersebut kepada generasi-generasi muda Purbalingga. Sinergitas antara legiun dan pemerintah terus dibangun agar semangat nasionalime dan semanghat juang 45 lebih dikobarkan lagi agar nantinya seluruh masyarakat dapat terus berbuat, berkarya, berprestasi bagi daerah, bagi masyarakat dan bagi bangsa Indonesia.

Sementara sambutan ketua umum DPP LVRI Mayjend Purn Saeful yang dibacakan Kasdim 0702 Saeroji mengatakan, organisasi LVRI yang dibentuk sejak 2 Januari  1957 sampai sekarang masih eksis karena dedikasi tinggi dari para anggota, serta didukung berbagai regulasi atau peraturan hukum. Peraturan yang terakhir berupa undang-undang yakni UU No 15 tahun 2012. Terbentuknya legiun veteran merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan dari pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia secara tulus kepada veteran yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

LVRI dibekali visi yakni tetap berlanjutnya pelestarian jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 1945 sedangkan misi adalah mewariskan jiwa semangat dan nilai-nilai kejuangan 1945 atau JSN 45, berperan aktif dalam pembangunan nasional, memelihara hubungan persahabatan deng