PURBALINGGA INFO – Perkemahan Prestasi Ma’arif NU 1 (Persimanu 1) Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU (Sakoma NU) Jawa Tengah tahun 2023 diikuti oleh 1068 peserta yang berasal dari 18 kwartir cabang di Jawa Tengah.

Ketua Panitia Persimanu I, Sobirin menjelaskan, Persimanu 1 diselenggarakan untuk jenjang pramuka penggalang dan penegak. Dan akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 12 sampai 15 Juli 2023 di Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga.

“Kegiatan Perkemahan ini diselenggarakan dengan mengusung tema Berukhuwah Menuju Sakoma NU Jateng Gemilang,” katanya.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, Mohamad Muzamil, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga atas terselenggaranya Persimanu 1 di Purbalingga.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga yang berkenan memfasilitasi kegiatan ini beserta seluruh jajaran Nahdlatul Ulama Kabupaten Purbalingga. Marilah kita tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa, selalu berdedikasi dalam semua aktivitas kita, baik aktivitas yang bersifat kemasyarakatan maupun aktivitas yang bersifat keagamaan,” ungkapnya.

Pembina Kontingen Purbalingga Eva Yulianti mengatakan, Pramuka Cabang Purbalingga mengirimkan 4 regu yang terdiri dari 2 regu pramuka penggalang dan 2 regu pramuka penegak.

“Kami dari kontingen Purbalingga yang terdiri dari 2 tim, yaitu dari Mts Minhajut Tholabah dan Mts Maarif NU 10 Krenceng. Untuk dari Mts Minhajut Tholabah mewakilkan satu regu putra dan satu regu putri, sedangkan yang dari Mts Maarif NU 10 Krenceng juga mewakilkan satu regu putra dan satu regu putri untuk penggalang, dengan total dari kontingen Purbalingga tergabung dari penggalang dan penegak sejumlah 91 peserta,” ungkapnya.

Eva berharap dengan adanya kegiatan Persimanu 1 Jawa Tengah ini akan memberikan pengalaman khusus dan spesial untuk para peserta.

“Dan ini pengalaman yang sangat berharga untuk peserta didik kami. Semoga menjadi sebuah pengalaman yang nantinya bisa menjadi bekal ke jenjang pendidikan selanjutnya,” katanya.

Salahsatu peserta dari Mts Minhajut Tholabah, Izzati Laelatul Hana mengatakan dengan adanya kegiatan ini dia bisa menggali potensi diri serta menambah pengalaman.

“Saya mendapatkan ilmu dan wawasan baru, selain itu juga bisa menambah teman baru dari berbagai daerah,” ujarnya. (DHS/Kominfo)