PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM bersama Ketua DPRD dan para Kepala OPD terkait menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Purbalingga, Sabtu (23/7) di Gedung Sarwa Guna Purbalingga. Pada kesempatan ini, Bupati mengungkapkan, Bidan telah memberikan kontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Purbalingga.

Bupati mendapati Anggota IBI Cabang Purbalingga saat ini terdapat 886 orang dan sebanyak 150 – 200 orang diantaranya masih honorer. Bupati memastikan akan memperjuangkan adanya rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemkab Purbalingga khusus untuk tenaga kesehatan.

“Tadi saya sudah rasan kepada bapak Ketua DPRD inshaallah ini, mohon bersabar, karena nanti di awal 2024 ini akan kita perjuangkan, Kabupaten Purbalingga akan merekrut PPPK khusus untuk tenaga kesehatan. Mudah-mudahan teman teman IBI di sini yang statusnya masih honorer bisa ikut terbawa menjadi PPPK. Mudah mudahan yang pengabdiannya sudah lama statusnya bisa kita tingkatkan,” kata Bupati saat memberikan sambutan.

Bupati mengapresiasi, IBI di Purbalingga cukup mandiri, tidak pernah mengajukan proposal ke pemerintah untuk menyelenggarakan programnya. Oleh karena itu, Bupati memastikan akan memberikan dana hibah kepada IBI.

“Tadi saya bersepakat dengan bapak Ketua DPRD tahun 2023, IBI harus dibantu, disupport dana hibah dari Pemkab Purbalingga. Ini untuk nantinya bisa mensupport kegiatan dan program IBI. Harapan saya sinergi pemerintah dengan IBI bisa terus berjalan dengan baik,” katanya.

Kepada jajaran IBI, Bupati mengingatkan, pemerintah pusat termasuk pemerintah daerah sangat memberi perhatian terhadap pembangunan manusia. Sebab hal ini untuk mempersiapkan menghadapi bonus demografi Indonesia tahun 2030 nanti.

“Maka kita siapkan SDM kita dengan baik sehingga bonus demografi akan memberi dampak yang luar biasa untuk Indonesia Maju,” katanya.

Pemkab Purbalingga juga sedang berjuang meningkatkan angka IPM dimana salah satu indikatornya adalah kesehatan. Berkaitan dengan peran IBI, dalam IPM adalah membantu menurunkan Angka Kematian Ibu/Bayi  (AKI/AKB), dan Stunting.

“Selamat HUT Ke-71 IBI, semoga ini menjadi momentum IBI membangun soliditas, membangun kebersamaan kuat dan membangun persepsi mindset yang sama untuk bagaimana IBI berkontribusi mewujudkan generasi yang unggul dengan mensukseskan penurunan AKI-AKB, dan Stunting,” katanya.

Sementara itu Ketua IBI Cabang Purbalingga, Suriyah AMd Keb menjelaskan dalam rangka memperingati HUT Ke-71, IBI Cabang Purbalingga menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Diantaranya Bhakti Sosial pelayanan KB MKJP, pelayanan imunisasi bayi, anjangsana ke sesepuh ibu, pemberian tali asih kepada anak yatim, dan sepeda santai.

“Di hari yang berbahagia ini, kecintaan kita terhadap profesi bidan bisa kita jaga, kita rawat dan kita tumbuh kembangkan, IBI tetap kompak, IBI menjadi organisasi  yang bermanfaat untuk masyarakat,” katanya. (Gn/Humas)