PURBALINGGA INFO – Sebanyak 5000 anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga mengikuti Apel Besar Pramuka Purbalingga dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-62, di Alun-alun Purbalingga, Senin (9/10/23).

Dalam apel besar pramuka ini juga dilakukan pelantikan 2.952 anggota Pramuka Garuda Kwarcab Purbalingga golongan Siaga, Penggalang, dan penegak. Dengan rincian 2.117 pramuka siaga, 788 pramuka penggalang, dan 47 pramuka penegak.

“Ini adalah lompatan besar Kwarcab Purbalingga yang berhasil melahirkan anggota pramuka garuda sejumlah 2.952. Dengan harapan mereka mampu menjadi generasi emas Indonesia di masa yang akan datang dengan memiliki karakter sesuai satya darma pramuka,” kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Setyadi.

Dia menambahkan kegiatan apel besar pramuka mengusung tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan
Kebangsaan”.

“Dengan tema itu diharapkan mampu membangun citra positif Gerakan Pramuka ke depan dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang profesional dan berwawasan kebangsaan,” katanya.

Sementara itu Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Siti Atikoh Supriyanti dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada pramuka garuda yang telah dilantik. Menururnya Pramuka Garuda merupakan jenjang yang tertinggi bagi seorang pramuka.

“Luar biasa sekali di Purbalingga itu bisa tercetak hampir 3000 (Pramuka Garuda). Ini menunjukkan bahwa pola pendidikan pramuka di Purbalingga ini luar biasa sekali,” ungkapnya.

Dia berharap anggota Pramuka Garuda bisa berkomitmen memberikan contoh positif bagi lingkungan, tidak hanya bagi anggota pramuka tetapi juga untuk generasi muda

“Ini adalah peran dari adik-adik Pramuka Garuda untuk bisa memberikan vibes yang positif pada lingkungan, memberikan kebermanfaatan, memberikan kepedulian,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Kamabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga yang juga Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Waka Binamuda Kwarnas Budi Prayitno, Wakamabicab yang juga Wakil Bupati Purbalingga Sudono, Ketua DPRD Purbalingga HR Bambang Irawan, Forkopimda, kepala OPD se-Kabupaten Purbalingga, serta tamu undangan lainnya. (DHS/Kominfo)