PURBALINGGA – Sebanyak 98 tim karnaval turut meramaikan event Purbalingga Carnival Vaganza, Sabtu (24/12) di Alun-alun Purbalingga. Mereka yang ikut terdiri dari unsur: Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi vertikal, Kecamatan, Sekolah (MKKS/Korwilcam Dindikbud), BUMD, Swasta, dan Ormas.
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengungkapkan, Purbalingga Carnival Vaganza ini bagian dalam rangka Hari jadi Ke-192 Kabupaten Purbalingga. Tema kali ini mengangkat seni budaya, potensi unggulan di masing-masing wilayah
“Misalnya tadi Kaligondang menampilkan seni budaya Jawa Purba, kemudian Karangmoncol memamerkan Sapu Gelagah ini semata-mata menunjukan bahwa Purbalingga kaya akan potensi,” kata Bupati Tiwi.
Unsur sekolah yang terdiri dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) ataupun Korwilcam Dindikbud, sebagian besar menampilkan Fashion Carnival yang memiliki menonjolkan kreativitas dan potensi. Sedangkan peserta dari kalangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menonjolkan inovasi dan program-program kerjanya.
“Jadi sebetulnya sekaligus mensosialisasikan apa yang sudah jadi program, inovasi, potensi Purbalingga dan karena ini dalam rangka merayakan Hari Jadi maka kita juga kesenian dan kebudayaan lokal,” katanya.
Adapun rute karnaval ini dimulai dari GOR Goentoer Darjono – Jalan Komisaris Polisi Noto Sumarsono – Jalan Ahmad Yani – Jalan Jenderal Soedirman dan menghadap panggung kehormatan di Alun-alun Purbalingga. DIlanjutkan ke timur dan selesai di Kantor PLN.(Gn/HumproSetda)