PURBALINGGA INFO, Dinas sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (Dinsosdalduk KB P3A) Purbalingga kembali menggelar pemilihan Duta  Generasi Berencana (Genre) 2018. Pembukaan akan dilaksanakan 4-20 April dengan mengunduh formulir pendaftaran secara online di bit.ly/YukDaftarDugenPurbalingga2018, kemudian setelah diisi diuplaod melalui tautan bit.ly/SayaDutaGenrePbg2018.

Hal itu disampaikan oleh salah panitia Duta Genre Purbalingga 2018 yang juga Kasi Kesejahteraan Keluarga pada Dinsosdalduk KB P3A Puji Sri Rahayu saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (5/4). Tujuan Lomba menurut Puji untuk menyebarkan secara luas program Genre di kalangan remaja agar memiliki pengetahuan prilaku, sikap yang positif dalam pengembangan mental dan spiritual yang positif.

” Remaja diharapkan dapat meagendakan pernikahan yang ideal, tidak melakukan seks bebas dan penyalahgunaan Narkoba, serta bisa menjadi contoh yang¬† kepada teman, saudara dan lingkungan,” katanya.

Puji menambahkan dalam pemilihan Duta Genre nantinya akan diberikan bekal dalam menempuh kehidupan berkeluarga, kemudian mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja. Para peserta juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang berorganisasi sehingga mampu membuat gerakan Genre di masyarakat.

” Dan yang menjadi finalis nanti akan menjadi wakil Purbalingga diajang yang sama di tingkat Jawa Tengah. Dan menjadi mitra Dinsosdalduk KB P3A dalam mensosialisasikan program pemerintah kepada ramaja satu tahun kedepan,” tambahnya.

Peserta yang dapat mengikuti pemilihan ini antara lain ber-KTP Purbalingga, usia 16-22 tahun. Belum menikah, mempunyai akun di mwdia sosial, aktif di pusat konseling remaja. Mempunyai soft skill untuk memajukan forum Genre dan PIK-R di Purbalingga. Sehat jasmani dan rohani, berpenampilan menarik, santun cerdas dan mau belajar. Memiliki wawasan KKBPK, kebudayaan daerah dan isu kekinian. Bersedia bekerja selama 1 tahun dan siap melaksanakan sosialisasi di wilayah Purbalingga.

“Pemilihan Duta Genre dilaksanakan 3 tahapan, pertama seleksi administrasi, kedua uji substansi, wawancara dan bakat, tahap ketiga pemantauan kegiatan dan ukuran publik. Jika tahapan sudah selesai 20 Mei akan dilaksanakan penetapan wakil duta Genre Purbalingga dan berhak ikut seleksi duta Genre tingkat Provinsi Jateng,” pungkasnya (PI-2).