PURBALINGGA, INFO –┬áDinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga memberikan sosialisasi keamanan pangan pada TP PKK Kecamatan Karanganyar. Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan pada DKPP Kabupaten Purbalingga, Sunarto mengatakan sosialisasi keamanan pangan ini dilakukan guna memberikan pengetahuan pada TP PKK Kecamatan Karanganyar agar waspada dalam mengkonsumsi pangan.

“Dengan sosialisasi keamanan pangan ini juga, kami berpesan agar ibu-ibu TP PKK ini juga dapat menularkan ilmu terkait keamanan pangan kepada masyarakat,” kata Sunarto saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Keamanan Pangan di Kecamatan Karanganyar, Selasa (17/9).

Ia menjelaskan pangan segar maupun olahan yang ada sebagian besar masih dengan sengaja menggunakan kimia sintetis berlebihan. Tidak hanya itu beberapa diantaranya juga menggunakan bahan tambahan yang tidak sesuai dengan takaran dan bahan yang dilarang untuk kepentingan bisnis semata.

“Pangan ini kan merupakan urusan wajib oleh karena itu ketersediaannya harus cukup, terjangkau dan aman,” ujarnya.

Keamanan pangan sendiri didasari pada Undang-Undang Pangan No. 18 Tahun 2012. Dimana pangan yang beredar harus memenuhi standar keamanan baik mutu maupun gizi yang ditentukan Pemerintah.

“Pangan yang memenuhi standar ini tentunya pangan yang bebas dari tiga hal cemaran yakni fisik, kimia, biologi dan memiliki tampilan yang menarik tidak cacat fisik yang memenuhi kelas tertentu,” jelas Sunarto.

Ia berharap dengan diberikannya sosialisasi terkait keamanan pangan bagi TP PKK Kecamatan maka mereka dapat menularkan berbagai informasi terkait keamanan pangan melalui pertemuan-pertemuan yang ada di masyarakat. Sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi pangan yang layak dan aman untuk dikonsumsi.

“Ibu-ibu PKK ini kan paling dekat dengan masyarakat oleh karena itu setelah pertemuan ini dapat menyerap ilmu dan menularkannya kepada masyarakat,” harapnya.

Kasi Kesra pada Kecamatan Karanganyar, Siti Sofiatun menyampaikan terima kasih atas sosialisasi keamanan pangan yang diberikan oleh DKPP Purbalingga. Dengan adanya sosialisasi seperti ini masyarakat khususnya TP PKK Kecamatan sadar dan lebih waspada terhadap pangan yang dikonsumsi.

“Masyarakat itu kan mengkonsumsi pangan setiap hari oleh karena itu penting sekali untuk diperhatikan apa yang dikonsumsi layak atau tidak,” pungkas Siti Sofiatun. (PI-7)