PURBALINGGA – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah raga (Dinbudparpora) Purbalingga menggelar pelatihan bagi pemilik dan pengelola homestay di empat desa wisata. Pelatihan ini dimaksudkan untuk menyiapkan dan meningkatkan pelayanan kepada wisatawan yang menginap di homestay.

            Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, empat desa yang menjadi sasaran pelatihan masing-masing Desa Panusupan dan Desa Tanalum, keduanya di Kecamatan Rembang, Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, dan Desa Serang, Kecamatan Karangreja. Pelatihan yang digelar sejak Senin hingga Kamis (26 – 29/10) menghadirkan praktisi pelaku wisata dari pengelola Hotel Nusantara Purbalingga, Bambang Ritanto. Materi pelatihan terdiri teori, praktek dan diskusi.

            “Tamu yang menginap di homestay sama halnya tamu yang datang ke hotel, mereka  butuh kenyamanan, keamanan dan layanan yang baik. Layanan ini meliputi kebersihan kamar dan lingkungan homestay, cara pelayanan, sopan-santun, cara penyajian makanan, cara mengelola homestay, cara memasarkan, dan mengukur tingkat kepuasan tamu,” kata Prayitno, Rabu (28/10).

            Prayitno menambahkan, selain pelatihan homestay, Dinbudparpora sebelumnya juga mengadakan peningkatan kapasitas pelaku desa wisata yang meliputi pemberian motivasi, pelatihan internet, pelatihan pemandu wisata, pelatihan membuat souvenir, pelatihan pemandu outbond, penyusunan paket wisata dan promosi wisata, studi banding ke desa wisata di Jawa Barat dan sejumlah kegiatan lainnya. “Dalam waktu dekat, kami juga akan mengadakan farmtrip dengan menghadirkan biro wisata, jurnalis, dan pengelola desa wisata lain di Jateng yang sudah maju. Melalui farmtrip diharapkan ada promosi total besar-besaran melalui para biro dan jurnalis media,” tambahnya. (y)